Studium Generale Menjadi Da’ipreneur dan Teacherpreneur di Era Society 5.0

Jakarta, 23 September 2023 – Pada hari Sabtu, tanggal 23 September 2023, Hotel Cordela di Kramat, Jakarta Pusat menjadi tuan rumah acara Studium Generale yang memukau, dengan fokus pada peran penting Da’ipreneur (Dakwah Entrepreneur) dan Teacherpreneur (Teacher Entrepreneur) di era Society 5.0. Acara prestisius ini menghadirkan dua nara sumber utama, yaitu Prof. Dr. Rita Ismawati, S.Pd., M.Kes (Guru Besar Universitas Negeri Surabaya) dan Dr. H. M. Juni Beddu, Lc., MA., CPM (Ketua STAI Ibnu Sina Batam).

Studium Generale ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan memahami peran yang semakin krusial dari Da’ipreneur dan Teacherpreneur dalam menghadapi perubahan radikal yang ditandai oleh munculnya Society 5.0, yang mengintegrasikan teknologi ke dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Prof. Dr. Rita Ismawati, seorang ahli pendidikan yang diakui, membahas bagaimana pendidikan harus beradaptasi dengan cepat dalam era ini. Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya para pendidik menjadi Teacherpreneur. Mereka perlu mengintegrasikan elemen wirausaha dalam praktik pengajaran mereka, memanfaatkan teknologi sebagai alat pembelajaran yang kuat, dan menginspirasi generasi muda untuk menjadi inovator yang tangguh.

Di sisi lain, Dr. H. M. Juni Beddu, seorang tokoh dakwah yang berpengalaman, menyampaikan konsep Da’ipreneur sebagai pemangku dakwah yang efektif dalam era digital ini. Beliau menjelaskan bahwa Da’ipreneur harus mampu menciptakan narasi dakwah yang relevan dengan masyarakat yang semakin terkoneksi secara digital, sambil memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Acara ini berhasil menarik perhatian beragam peserta, termasuk para pendidik, aktivis dakwah, mahasiswa, dan pelaku bisnis yang tertarik untuk memahami bagaimana menggabungkan pendidikan, dakwah, dan kewirausahaan dalam konteks Society 5.0 yang penuh inovasi. Diskusi ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran penting Da’ipreneur dan Teacherpreneur, tetapi juga mendorong kolaborasi dan perkembangan ide-ide segar yang akan membentuk masa depan yang lebih cerah di era yang penuh tantangan ini.



Leave a Reply